Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » 3 Orang Tewas dan 1 Orang Hilang,Banjir dan Longsor di DIY

3 Orang Tewas dan 1 Orang Hilang,Banjir dan Longsor di DIY

Posted by BERITA on Tuesday, 28 November 2017

  3 Orang Tewas dan 1 Orang Hilang,Banjir dan Longsor di DIY





Yogyakarta - Hujan deras yang menguyur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (29/11). Mengakibat kan Banjir dan Longsor di sejumlah titik.BPBD DIY menyatakan 3 orang warga ditemukan tewas, sedangkan satu orang masih dalam pencarian.

Tiga korban meninggal masing-masing 2 warga Kota Yogyakarta yang tertimbun longsor di Kecamatan Gedongtengen. Mereka adalah Ambar (40) dan Aurora (3 bulan) telah ditemukan dan berhasil dievakuasi Selasa (28/11) malam. Satu orang masih dalam pencarian yakni Bardjono.

Sedangkan satu korban tewas lainnya merupakan korban banjir di Gunungkidul.

Pencarian Bardjono pagi ini akan kembali dilanjutkan.

Baca Juga : Banjir Pacitan 11 tewas tertelan


"Berdasar pertimbangan berbagai faktor, seperti cuaca yang semakin hujan deras, kondisi tanah labil, dan kondisi gelap, pencarian terpaksa dihentikan sementara mulai pukul 19.30 WIB tadi," kata Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, di lokasi kejadian, Selasa (28/11).

Total berdasarkan data di BPBD DIY, dampak dampak siklon tropis Cempaka, sedikitnya ada 106 titik kejadian akibat angin kencang.

"Ada 106 titik kejadian pohon tumbang di wilayah DIY," kata Supervisor Pusdalops BPBD DIY, Arman Nur Effendi, Selasa (28/11).

Untuk Kota Yogyakarta 2 titik, Kabupaten Bantul 67 titik, Kabupaten Kulon Progo 12 titik, Kabupaten Gunungkidul 8 titik dan Kabupaten Sleman 17 titik. Kerusakan diantaranya menimpa jaringan listrik, menimpa rumah warga, fasilitas umum, menutup akses jalan dan menimpa kendaraan. Satu korban tertimpa pohon di kawasan Hutan Bunder, Playen, Gunungkidul dirawat di rumah sakit.

Selanjutnya untuk longsor ada 73 titik kejadian Longsor di wilayah Kabupaten Bantul 44 titik, Kabupaten Kulon Progo 10 titik, Kabupaten Gunungkidul 6 titik, Kabupaten Sleman 7 titik, Kota Yogyakarta 6 titik.

Longsor mengakibatkan talud ambrol, menutup jalan dan merusak tembok masjid pondok pesantren di Kulonprogo. Ada 3 santri mengalami luka ringan akibat terkena longsoran.

Untuk banjir di seluruh DIY terdapat 64 titik. Banjir di wilayah Kabupaten Gunungkidul ada 24 titik, Kabupaten Kulon Progo 4 titik, Kabupaten Bantul 31 titik, Kabupaten Sleman 4 titik, Kota Yogyakarta 1 titik.

Total warga yang terdampak ada 513 KK wilayah Gunungkidul, 50 jiwa di Panjatan, Kulon Progo. Selanjutnya sebanyak 4.756 jiwa wilayah Bantul. Sebanyak 47 jiwa di Kota Yogyakarta dan 14 jiwa di Kabupaten Sleman. Untuk wilayah Bantul jumlah warga yang mengungsi dari beberapa kecamatan seperti Imogiri dan Kretek diperkirakan terus bertambah.

SHARE :